Jumat, 11 Februari 2011

URGENSI SHALAT DALAM ISLAM


Berikut ini adalah urgensi (kepentingan) shalat di dalam Islam:
   1. Shalat adalah rukun yang bersifat amali (perbuatan anggota tubuh) yang pertama di dalam Islam dan merupakan rukun yang kedua setelah syahadat.
   2. Allah mewajibkan shalat kepada Rasulullah pada malam mi’raj dengan tanpa perantara. Atas saran Nabi Musa as., Rasulullah saw. Berulangkali menghadap Allah untuk meminta keringanan. Pada malam itu, Rasulullah menjadi orang yang paling mulia dan melebihi kedudukan malaikat Jibril. Malaikat Jibril  ̶  hanya  ̶  berdiri di depan Sidratul Muntaha, seandainya ia mendekat maju, pastilah ia terbakar. Namun, Rasulullah melewatinya hingga tiada sesuatu pun antara beliau dengan Allah, kecuali cahaya sebagai penghalangnya. Allah berbicara langsung kepada beliau dan mewajibkan shalat.
3.   Siapa yang menjaga shalat maka terhadap yang lain dia akan lebih bisa menjaga. Sebaliknya, siapa yang mengabaikan shalat maka terhadap selainnya dia akan lebih mengabaikan.
      4.   Tiada satu pun di dalam rukun Islam yang jika ditinggalkan menjadi kafir, kecuali shalat.
      5.   Dosa dan kesalahan akan terhapus oleh shalat, sebagaimana hilangnya kotoran oleh air.
6.   Pembagian waktu shalat pada malam dan siang menjadikan hamba selalu terikat dengan Rabb-nya.
7.   Perhatian Nabi dalam mengajarkan shalat kepada para sahabat sangat besar, beliau bahkan masih mewasiatkan shalat kepada mereka hingga saat menjelang kewafatan baliau.
8.   Islam menjadikan azan sebagai seruan berkumpul untuk melaksanakan shalat sebagai kewajiban, sengaja meninggalkan shalat adalah berdosa dan wajib diperangi.
9.   Shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, tiada kedudukan dalam Islam bagi yang tidak melaksanakan shalat, shalat merupakan kesenangan jiwa, dan shalat adalah penggembira hati Rasulullah.
                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                                                    

                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar